Diskbrake
motor dan proses pembuatannya..
Diskbrake atau banyak orang mengenal
dengan nama rem cakram menjadi sesuatu yang signifikan saat ini. Fungsi
utamanya disbrake pada sepeda motor adalah untuk keamanan dalam berkendara. Pengendara
akan merasa semakin aman dan nyaman dalam membawa kendaraannya apabila ada rem
cakram dimotornya.
|
|
Gbr.
Motor dengan diskbrake
Diskbrake atau rem cakram didesain
sedemikian rupa untuk melindungi pengendara sepeda motor untuk menghentikan
kecepatan yang berlebihan atau membutuhkan proses penghentian yang cepat,
tiba-tiba dan tentu saja aman. Mengingat kondisi jalanan sekarang yang sudah
tidak terprediksi oleh para pengendara. Kenapa tidak terprediksi?Fakta pertama,
kondisi jalanan yang rusak dan banyak lobang disana-sini. Kondisi ini
mengharuskan pengendara harus ekstra hati-hati dalam menjalankan kendaraannya.
Apalagi jika mengendarai motor pada malam hari, harus lebih berhati-hati lagi
dalam memacu kendaraannya untuk menghindari lubang-lubang itu. Fakta kedua,
saat ini banyak pengendara motor yang tidak mempedulikan keselamatan pengendara
lainnya. Lihat saja ketika kita mengarungi jalanan, tiba-tiba dari arah yang
berlawanan dengan kita seringkali kita jumpai kendaraan yang menyalip dengan
seenaknya tanpa mempedulikan posisi kita. Ataupun ketika berjalan searah dengan
kendaraan lainnya seringkali pepet-pepetan kendaraan terjadi dan
tidak jarang pula banyak yang bersenggolan karena kejadian itu. Fakta ketiga,
biasanya pengendara motor kurang nyaman bila hanya mengandalkan rem drum (rem
standar) saja. Seringkali jikalau kita lupa tidak mengecek kondisi motor kita,
keausan dari rem standar tersebut sering terlupakan.
Nah itu beberapa fakta yang
sebenarnya masih banyak fakta lainnya yang mempengaruhi orang untuk menggunakan
rem cakram. Sampai-sampai karena factor style atau gaya hidup masuk dalam
kategori ini.
Macam-macam bentuk rem cakram
standar.
Gbr.
Contoh rem cakram standar.
Bentuk rem cakram seperti terlihat
pada gambar diatas merupakan rem cakram yang direkomendasikan oleh para ahli
desainer motor. Kenapa lebih aman?Dari ukuran bentuknya aman untuk menahan
beban yang ditimbulkan terhadapnya, bayangkan aja bila diameter cakram tidak
proporsional (terlalu besar ataupun terlalu kecil), maka beban yang dialami
oleh cakram tersebut menjadi lebih besar ataupun tidak merata di sekelilingnya.
Rem cakram terbuat dari material
stainless steel yang dalam proses pembuatannya terdiri dari beberapa tahapan.
Tahapan-tahapan dalam pembuatan diskbrake adalah sebagai berikut :
1.
Tahap pemilihan material, tahap ini
meliputi pengecekan material stainless stell yang akan digunakan terhindar dari
crack, defect ataupun cacat lainnya.
2.
Tahap pressing, material dipress
untuk membentuk hole atau lubang-lubang diameter di sisi rem cakram tersebut.
3.
Tahap HFPQ, yakni tahap Heating
Forming Pressing and Quenching. Yakni tahap pembentukan profil selanjutnya
terutama untuk rem cakram model offset (bukan flat).
4.
Tahap Machining, yaitu tahap
pengerjaan selanjutnya berupa finishing surface diameter terutama setelah press
dan HFPQ.
5.
Tahap selanjutnya adalah
Electropolishing, yakni pembersihan permukaan material dari kotoran dan
sekaligus membuka pori-pori permukaan benda.
6.
Tahap Painting, selanjutnya rem cakram
dipainting
7.
Tahap Grinding, yaitu tahap akhir
untuk penghalusan permukaan sampai batas ketebalan yang distandarkan.
Nah itulah beberapa tahapan
pembuatan rem cakram, cukup ribet yah..Makanya coba kita jaga apa yang sudah
ditangan kita dengan sebaik-baiknya yah..[1]
Tidak ada komentar:
Posting Komentar